Gereja Santo Demetrius di Thessaloniki/Net
GENIAL.ID. Dalam Kekristenan dikenal ada Kalender Orang Kudus. Kalender ini merupakan metode tradisional untuk mengatur tahun liturgi.

Tahun liturgi menghubungkan setiap hari dengan satu atau beberapa orang kudus, dan menyebut satu hari tertentu sebagai hari pesta atau pesta dari orang kudus yang dihubungkan dengan hari itu. 

Tahun Liturgi adalah siklus masa liturgi dalam gereja-gereja Kristiani yang menentukan kapan hari-hari orang kudus, hari-hari peringatan, dan hari-hari besar harus dirayakan serta bagian mana dari Kitab Suci yang diasosiasikan dengan hari-hari raya tersebut.

Sedangkan Pesta Hari Raya Orang Kudus merupakan perayaan keagamaan tahunan. Satu hari yang didedikasikan untuk satu orang kudus tertentu.

Sementara itu, orang Kudus atau Santo merupakan sebutan sebutan yang diberikan kepada seseorang yang telah terbukti menjalani hidup dengan kebajikan yang heroik.

Dalam Gereja Ortodoks Timur, tanggal 26 Oktober hari ini, merupakan Hari Raya Santo Demetrius. Ia orang Roma yang berasal dari Thessaloniki, sebuah kota di Yunani bagian utara. 

Ia merupakan seorang martir Kristen di awal abad 4 Masehi. Martir, atau kalau dalam bahasa Arab bisa disebut sebagai Syahid atau Syuhada dalam bentuk plural, berarti "orang yang memberikan kesaksian". Maknanya adalah orang, yang demi keyakinannya, bersedia berkorban bahkan seringkali sampai mati.

Demi keyakinan dan imannya, Santo Demetrius harus dipenggal di dalam penjara.

Pada Abad Pertengahan,  Santo Demetrius dihormati sebagai salah satu santo militer Ortodoks yang paling penting. Dalam gereja Katolik Roma, ia disebut sebagai Demetrius dari Sermium. [pmu]
 

You may also like