Menteri Keuangan, Sri Mulyani (Foto: The Jakarta Post]
Genial -  Anggota Komisi XI Heri Gunawan  mengatakan bahwa komisinya akan segera memanggil Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk dimintai penjelasan terkait penyaluran dana desa ke desa fiktif. 

"(Pemanggilan) segera diagendakan," ujarnya seperti dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (8/11).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap keberadaan desa fiktif tak berpenghuni di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Keberadaan desa itu berdampak pada penggunaan dana desa tidak tepat sasaran.

Politisi Partai Gerindra ini menyarankan agar diadakan audit penyaluran dana desa dari 2015 hingga 2019 yang bernilai hingga Rp257 triliun. Menurutnya bisa jadi ada kemungkinan  dalam penyalahgunaan dana desa  di desa lain.

"Tidak menutup kemungkinan selain kasus desa siluman di Konawe Sulawesi Tenggara, masih ada dana desa disalahgunakan oleh pihak tertentu di tempat lainnya," ujarnya.

Baginya melihat kasus ini bukti ketidakmampuan pemerintah dalam melakukan penyaluran desa. Menurutnya tidak ada koordinasi antara kementerian terkait sehingga terjadi kecolongan yang dinilai memalukan. "Faktanya kementerian-kementerian ternyata jalan sendiri-sendiri. Dana desa dikelola dengan secara asal-asalan dan tidak profesional," jelasnya.  (Mir)

You may also like