Ananta Wahana Anggota Pansus Jiwasraya DPR RI
Genial - Ananta Wahana mengatakan Panitia Kerja (Panja) kasus asuransi Jiwasraya Komisi VI DPR RI akan mengebut pembahasan skema pengembalian dana nasabah dana usai reses.

Menurutnya, nasib dana nasabah akan menjadi prioritas Panja Jiwasraya Komisi VI. Sebab itu, mereka akan menggelar rangkaian rapat setelah masa sidang kembali dibuka Senin (23/3).

"Kita maraton membuat kepastian untuk nasabah karena prioritas kita pertama, mengembalikan dana nasabah, mengembalikan [dengan skema] seperti apa," kata Ananta kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Jumat (13/3).

Politisi PDIP yang juga anggota pansus Jiwasraya itu menerangkan pemberian kepastian ini penting. Sebab DPR pernah mengutarakan janji ke publik terkait pengembalian dana nasabah tersebut.

Ananta bilang kemungkinan ada jutaan nasabah Jiwasraya yang sudah jatuh tempo. Dia berpandangan nasabah skala kecil harus diprioritaskan dalam pengembalian dana.

"Skema yang paling tepat itu nasabah-nasabah yang masyarakat yang tidak besar, yang untuk menggantungkan tentang kepastian masa depannya harus segera dibayarkan," kata Ananta.

Sebelumnya, kasus PT. Asuransi Jiwasraya menyita perhatian publik setelah Kementerian BUMN melaporkan indikasi kecurangan di Jiwasraya ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Laporan dilayangkan setelah pemerintah mengulas laporan keuangan perusahaan yang dinilai tidak transparan.

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tercatat mengalami tekanan likuiditas sehingga ekuitas perseroan tercatat negatif Rp23,92 triliun pada September 2019. Perusahaan asuransi tertua di Indonesia itu disebut uang sebesar Rp32,89 triliun untuk kembali sehat.

DPR RI membawa masalah potensi kerugian BUMN itu ke parlemen. Setidaknya tiga panja telah dibentuk, yakni Panja Komisi Panja Komisi III, Panja Komisi VI, dan Panja Komisi XI. (Mil)

You may also like