Presiden RRC Xi Jinping
Genial - Presiden Republik Rakyat China (RRC) Xi Jinping menelepon Perdana Menteri Malaysia  Mahathir Mohamad, pada Kamis (14/2) malam.  Pembicaraan melalui sambungan telfon tersebut berlangsung selama setengah jam. 

Dalam siaraan  pers dari Kementerian Luar Negeri Malaysia, Jumat (14/2) menyebutkan Xi Jinping menelpon Mahathir untuk membicarakan wabah virus corona yang melanda negeri tirai bambu ini.

Dan kedua pemimpin negara ini sepakat untuk saling membantiu dan memahami dengan wabah virus tersebut.  

"Kedua pemimpin berbicara tentang saling pengertian dan kerja sama yang erat untuk mengatasi epidemi, serta untuk meminimalkan dampaknya,"  jelasnya. 

Mahathir mengatakan bahwa Malaysia memberikan dukungan kepada China dalam menghadapi musibah ini. Dan Mahathir yakin segala upaya yang sudah dilakukan oleh Presiden Xi dan pemerintahnya dalam mengatasi masalah ini. 

Presiden Xi menghargai persahabatan dan bantuan Malaysia, dan meyakinkan bahwa China memiliki kekuatan untuk memerangi wabah COVID-19, dan akan peduli terhadap orang Malaysia dan orang lain yang saat ini berada di Tiongkok seperti warga negara mereka sendiri.

Kedua pemimpin Asia tersebut sepakat tentang perlunya upaya bersama dalam mengatasi wabah corona.

Perdana Menteri Mahathir merujuk pada langkah bersama yang akan dilakukan oleh ASEAN dan China untuk mengendalikan situasi. Kedua pemimpin juga sepakat untuk tetap berhubungan dekat satu sama lain dalam menghadapi epidemi ini. (Mir) 

You may also like