Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto (Istimewa)
Genial - Merebaknya Virus Corona di China   menjadi alasan pemerintah Indonesia membatasi kegiatan impor dengan negara tirai bambu itu. Seperti disampaikan oleh  Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto  bahwa  pemerintah Indonesia akan membatasi impor makanan dan minuman dari China. 

"Impor kita harus hati-hati terutama dengan berkaitan dengan makanan dan minuman. Terutama yang terjangkit virus, dari daerah yang ke sana (China) itu harus hati-hati menerima kiriman barang tersebut," ujarnya di sela inspeksi mendadak di Pasar Wonokromo Surabaya, Jumat (31/1)

Agus menambahkan, selain melakukan pembatasan, pihaknya  juga akan meminta para importir untuk selektif mengimpor makanan dan minuman. Langkah ini harus dilakukan sebab  penyebaran virus corona sudah sangat mengkhawatirkan.

"Artinya kami juga selektif dan para importir ini juga menulis kontrak dan sebagainya tapi di sisi lain, kita harus waspada bahwa situasi virus ini cukup mengkhawatirkan tapi lebih mengkhawatirkan lagi kalau masuk di Indonesia melalui makanan dan minuman," ujarnya. 

Agus menyebutkan bahwa semua makanan bakal diseleksi dengan ketat. Namun dia enggan merinci jenis makanan dan minuman apa yang bakal dibatasi masuk ke Indonesia.  "Makanan dan minuman, semua jenis, karena tidak spesifik makanan apa, tapi yang namanya makanan dan minuman ini kan langsung dikonsumsi oleh penduduk kita," jelasnya.

Seperti diketahui bersama Wabah Virus Corona menyebar di berbagai negara. Wabah tersebut sudah membunuh 213 orang dan menginfeksi ribuan lainnya. Kementerian Kesehatan sebelumnya menyatakan Virus Corona  hanya bisa hidup pada benda bernyawa. (Mir) 

 

You may also like