istimewa
GENIAL.ID, Jakarta - Pengurus Masjid Istiqlal Jakarta Pusat memastikan pendistribusian daging hewan kurban akan dilakukan oleh petugas dan diantarkan langsung ke rumah-rumah penerima atau mustahik guna mencegah penularan COVID-19.

"Persis sama dengan tahun kemarin kami yang mengantarkan ke mustahiknya," kata Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam Lc MA saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Abu Hurairah memastikan penyembelihan hewan kurban dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di rumah pemotongan hewan milik Masjid Istiqlal.

Mulai dari kelengkapan alat pelindung diri (APD), petugas tidak boleh melebihi 50 orang hingga diawasi langsung dokter hewan dan dokter dari Satgas Penanganan COVID-19.

"Petugas sekitar 30 orang dan untuk mendistribusikan mungkin 20 orang," katanya.

Hingga kini, ujar Abu, baru terdapat 20 ekor sapi dan 11 ekor kambing yang akan disembelih saat Hari Raya Idul Adha 1441 hijriah. Jika dibandingkan tahun sebelumnya memang terjadi penurunan.

"Tahun lalu itu sekitar 30 ekor sapi. Namun ini termasuk mendingan karena masih dalam kondisi COVID-19," ujar dia.

Abu mengatakan pada tahun 2020 ini pengurus masjid tetap menggunakan kantong plastik sebagai tempat daging hewan kurban. Namun, plastik tersebut ramah lingkungan karena bahan bakunya dari bambu.

"Kami sudah buktikan plastik ini mudah larut dan langsung terurai, jadi kalah besek," kata dia.

Apalagi, ujar dia, saat ini untuk mendapatkan besek cukup susah karena harus memesan ke Tasikmalaya dan memakan waktu yang cukup lama.

Terakhir pihak pengurus Masjid Istiqlal menyampaikan permintaan maaf kepada umat muslim karena tahun 2020 ini belum bisa menyelenggarakan Salat Idul Adha karena pandemi COVID-19 dan renovasi masjid yang belum selesai.

"Mohon maaf tahun ini belum bisa Shalat Idul Adha di Istiqlal tapi dalam waktu dekat masjid akan dibuka untuk umum," ujarnya.
 

You may also like