Ilustrasi/Net
GENIAL. ID. Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah menyelenggarakan Tanwir III dengan tema “Bangkit Hadapi Covid-19, Terus Berkontribusi untuk Negeri.” Berpusat  di PSDM (Pusat Syiar Digital Muhammadiyah) Yogyakarta, Tanwir daring hari ini diikuti oleh Pimpinan Wilayah dari 34 Provinsi di Indonesia dengan jumlah kurang lebih 150 peserta. Tanwir berlangsung khidmat dari pagi hingga sore hari.

Tanwir kali ini menyimpan banyak cerita bahagia dan haru. Dengan kerja keras dan penuh persiapan kiranya seluruh kader Nasyiah bahu membahu untuk kelancaran acara Tanwir. Selain dapat menggunakan latar belakang virtual, peserta juga dengan rela hati mencetak sendiri backdrop yang desainnya telah disediakan Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah. Pun demikian untuk Kartu Tanda Peserta. Para peserta memakai “kalung” kartu tanda peserta walau Tanwir dilaksanakan daring.

Banyak cerita menarik. Saat sesi penyampaian pandangan peserta, salah satu pimpinan wilayah menyampaikan pandangannya dengan ditemani buah hati yang masih bayi, terlentang tenang di samping Ibunya. Banyak pula anak-anak yang tertangkap kamera. Ada yang mengintip layar, ada pula yang hanya terdengar suaranya meminta banyak hal pada sang Ibu.

Pemandangan seperti ini sudah lumrah di kegiatan Nasyiah. Kader Nasyiah senantiasa berikhtiar untuk dapat seimbang dalam menjalankan perannya. Baik sebagai Ibu dan aktivis Ortom (Organisasi Otonom) Muhammadiyah.

Ada pula peserta yang dari awal hingga Tanwir akan berakhir, masih terus berusaha agar latar belakang virtualnya terlihat bagus. Pemandangan peserta yang makan, minum kopi, dan ngemil aneka makanan ringan pun turut mewarnai khidmatnya Tanwir III Nasyiatul Aisyiyah.

Pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia. Dengan pertimbangan ini lah disepakati Muktamar Nasyiatul Aisyiyah yang semula 2020 dimundurkan hingga 2022.

“Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah ditunda tahun 2022 dengan mengupayakan secara offline”, jelas Diyah Puspitarini dalam pidato iftitah yang disampaikan pada Tanwir III Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah pagi tadi. [red]

You may also like