Ilustrasi
Genial.  Terkadang masih saja banyak umat Islam yang menyepelekan kalimat basmallah. Sikap  menyepelekan itu bisa dilihat dari banyaknya umat Islam yang masih melupakan membaca kalimat basmallah  dalam melakukan setiap aktivitasnya.

Misalnya, masih saja yang lupa membaca bismillah saat akan makan, atau lupa membaca kalimat  basmallah saat akan melakukan pekerjaan. Sungguh sangat rugi seorang muslim  yang lupa membaca kalimat mulia tersebut.

Padahal kunci untuk mengamalkan isi kandungan Al-Quran terlatak bagaimana mengamalkan kalimat basmallah yang merupakan ayat pertama pada Al-Quran. Dapat dikatakan basmallah merupakan pondasi bagi umat Islam dalam mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Ibarat akan membangun rumah, kuatkan dulu fondasinya. Untuk itu, kuatkanlah pemahaman dan pengamalan bismi-Lâhir rahmânir rahîm.

Allah memilih kata  ar-Rahmân, dan ar-Rahîm (Maha Pengasih dan Maha Penyayang) untuk terus disebut-sebut oleh hambaNya dalam setiap memulai aktivitas. Padahal Allah memiliki 99 nama agung seperti  al-Mâlik (Yang Maha Merajai), al-‘Azîz (Yang Maha Perkasa), al-Mutakabbir (Yang Maha Memiliki Kebesaran), dan lain-lain.

Jika ingin mengalamkan Al-Quran maka pertama kita sebagai umat muslim yakni mengamalkan sifat pengasih dan penyayang. Sudahkah kita meniru sifat Allah ini? Dengan mengamalkan basmallah, maka kita belajar menyayangi orang lain, baik yang berbuat baik maupun berbuat buruk kepada kita. Wali Allah Rabi‘atul Adawiyah tidak memiliki rasa benci kepada iblis karena semua hatinya dipenuhi rasa kasih sayang.

Bila ada setitik saja kebencian kepada manusia, mungkin karena kita belum mengenal dengan baik siapa pencipta manusia dan belum mengamalkan secara maksimal kandungan basmallah. Jika pun harus menghukum seseorang, hukumlah karena kasih sayang kita kepadanya, bukan karena benci. Sebagaimana hadits nabi yang kurang lebih maknanya, sayangilah siapa pun yang di bumi, maka yang di langit akan menyayangimu (irhamû man fil ardli yarhamkum man fis samâ’).

Bila  kita sentiasa mengamalkan basmillah dan membacanya setiap melakukan aktivitas kita akan termasuk hamba Allah yang sangat beruntung. Sebab kita senantiasa menyebut nama Tuhan yang mememiki alam semesta ini.

Jika kita ingin menundukan alam semesta ini maka amalkan lah basmillah  dan senantiasa membaca kalimat tersebut setiap melakukan aktivitas. Karena seluruh alam semesta ini adalah milik Allah SWT. Maka ingin menundukan alam semesta ini selalu amalkan basmallah   dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita sudah dekat dengan Allah maka seluruh alam akan tunduk dengan kita.

Mulailah dari sekarang kita amalkan dan tidak lupa membaca basmallah setiap melakukan aktivitas. Insyaallah kita akan menjadi umat yang beruntung dan selalu menjadi kekasih Allah. Wallahu ‘alam. (Mir)

You may also like