Istimewa (Net)
Genial - Untuk meng-counter kabar platform jejaring sosial Instagram menjadi tempat tidak aman bagi anak remaja, maka Instagram secara resmi membatasi usia penggunanya. Untuk menggunakan media sosial ini usianya harus di atas 13 tahun, bagi anak remaja yang usia dibawah 13 tahun "haram" menggunakan media sosial yang satu ini. 

Sesuai dengan peraturan Amerika Serikat dalam bermedia sosial yang mengharuskan penggunannya setidaknya berusia 13 tahun. Merespon peraturan tersebut maka Facebook juga menerapkan pengetatan bagi usia penggunaan Instagram.

Langkah pengetatan tersebut bertujuaan agar anak-anak aman. Dan yang pantas menggunakan media sosial Instagram hanya orang yang sudah diatas 13 tahun.   "Mendata informasi pembuat akun mencegah orang di bawah umur bergabung dengan Instagram, membantu kami [Instagram] menjaga anak-anak lebih aman dan nantinya hanya orang-orang yang usianya pantas menggunakan Instagram," kata perusahaan dilansir AFP, Kamis (5/12).



Dari pihak Instagram mengklaim langkah ini sangat baik. Pasalnya ini akan menciptakan  "pengalaman yang sesuai usia dan lebih aman" dalam bermedia sosial. Instagram tidak akan menampilkan usia pemilik akun yang mudah terlihat oleh orang lain, tetapi pengguna dapat melihatnya di bagian informasi pribadi akun mereka.

Pengguna yang menghubungkan akun Facebook ke akun Instagram, maka Instagram akan menambahkan tanggal lahir yang terdapat di profil Facebook. "Informasi ini bukan informasi umum dan hanya pengguna yang dapat melihatnya ketika melihat informasi pribadi akun mereka di Instagram," ucap perusahaan dalam keterangan resmi. (Mir) 

You may also like