Ilustrasi
Genial - Waktu setelah bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Sebab, atas izinNya kita masih diberikan nikmat yang sangat luar biasa, yakni nikmat dipanjangkannya usia kita.

Jika kita sebagai muslim, nikmat umur ini harus dijadikan kesempatan kita terus mengumpulkan amal-amal shalih, memperbaiki kesalahan yang telah kita lakukan baik dosa besar maupun dosa kecil. Dan nikmat usia ini dijadikan sarana untuk mengejar kembali apa-apa yang terluput sebelumnya.

Maka itu, jadikan waktu saat kita bangun tidur ini  sebagai wujud ungkapan syukur kita kepada Allah. Adapun bentuk syukur yang selayaknya kita tunjukkan adalah dengan berusaha keras dalam meneladani sunah-sunah Rasul berupa amalan yang diridhoi olehNya.

Seperti dikutip dari buku Panduan Amal Sehari Semalam; Memaknai Setiap Detik Kehidupan Dengan Beramal Shalih yang ditulis oleh Abu Ihsan al-Atsari & Ummu Ihsan tuntutan sunah ketika bangun tidur sebagai berikut.

1. Biasakan Bagun Pagi

Membiasakan bangun tidur pagi merupakan wujud syukur kepada Allah. Dengan kita bangun tidur pagi berarti kita mendengar suara adzan subuh. Dan dengan dasar iman kita akan bergegas menuju sholat subuh berjamaah di Masjid.

Janganlah menunda-nunda bangun, terlebih lagi bagi kaum laki-laki yang memang diwajibkan agar menunaikan sholat secara  berjamah di masjid.  Sungguh orang yang terlambat bangun telah kehilangan banyak maslahat dan manfaat, serta pasti ia telah menyia-nyiakan waktu yang penuh berkah.

Nabi kita, Muhammad SAW memohon kepada Allah keberkahan bagi umatnya diwaktu pagi. Shakr al-Ghamidi menyatakan bahwa beliau pernah bersabda, “Ya Allah, berkahilah umatku pada  pagi harinya.” (HR Ahmad).

2. Usaplah Wajah dengan kedua tangan, sebelum beranjak dari tempat tidur

Mengusap wajah dengan kedua tangan sebelum beranjak dari tempat tidur bertujuan menghilangkan kantuk dan menghapus bekas-bakas tidur. Inilah yang dibiasa diamalkan oleh Nabi Muhammad. Seperti diriwayatkan dari Ibnu Abbas dia mengatakan.  “Aku bermalam di rumah bibiku, Maimunah, … kemudian nabi bangun, lalu mengusap wajahnya dengan tangannya, setelah itu beliau membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali Imran.” (HR Bukhari )

3. Tidak lupa berdoa segera bangun

Doa merupakan wujud ungkapan rasa syukur kita kepada Allah karena telah memberikan nikmat yang luar biasa, yakni nikmat umur. Berdoalah setelah bangun tidur. Agar kehidupan kita semakin diberkahi oleh Allah SWT. 

4. Bersiwak dan mencuci tangan tiga kali setelah beranjak dari tempat tidur

Siwak berfungsi menyegarkan mulut dan menghilangkan bau yang tidak sedap sebabkan tidur. Ini merupakan bukti keteladanan nabi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan.

5. Berwudhu disertai intinsyaq dan istinsyar sebanyak tiga kali

Intinsyaq artinya bersungguh-sungguh masukan air kedalam rongga hidung dengan menghirupnya. Sedangakn istinsyar adalah mengeluarkan air itu kembali. Amalan ini dilakukan tiga kali ketika berwudhu.  Fungsinya adalah untuk mengusir setan dan menghilangkan rasa kantuk dan malas.

6. Tidak lupa merapikan tempat tidur setelah bangun

Inilah bukti bahwa nabi mengajarkan umatnya untuk menjaga atau memiliki pola hidup yang sehat dan teratur. Karan Islam juga agama yang mengajarkan tentang keindahan. Seperti dalam sabdanya, nabi mengatakan “Allah itu Maha indah dan menyukai keindahan,” (HR. Muslim).  (Mir)

You may also like