Istimewa (Net)
Genial -  Setelah 10 hari bersitegang dengan Amerika Serakat, Iran memberi sinyal untuk mengurangi eskalasi konfliknya. Sinyal tersebut disampaikan saat Presiden Iran Hassan Rouhani dan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani bertemu.

Iran dan Qatar bersepakat akan mengurangi eskalasi konflik. Kedua belah pihak sepakat ini merupakan satu-satunya solusi untuk mengakhiri krisis di kawasan. "Kami telah memutuskan untuk melakukan lebih banyak konsultasi dan kerja sama untuk keamanan seluruh wilayah," ujar Presiden Iran Hassan Rouhani. 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani seperti dilansir AFP , Minggu (12/1). "Kami sepakat bahwa satu-satunya solusi untuk krisis ini adalah de-eskalasi dari semua pihak dan dialog," ujarnya.

Ketegangan antara AS dan Iran meningkat usai perwira tinggi militer Iran Mayor Jenderal Qasem Soleimani tewas dalam serangan pesawat tak berawa pada 3 Januari lalu. Iran mengutuk keras serangan AS tersebut dan bersumpah akan membalas kematian Soleimani dengan ganjaran yang seberat-beratnya.

Sejak itu, sejumlah rudal dan roket menghantam basis AS di Irak. Salah satu rudal Iran secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat Ukraina dengan nomor penerbangan PS752 yang menewaskan 176 penumpang. (Mir) 

You may also like